Beranda Berita Polres Sambangi Pemdes Sifnana, para Toga dan Topem, Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar...

Sambangi Pemdes Sifnana, para Toga dan Topem, Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar berikan Imbauan Kamtibmas

4
0
BAGIKAN

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas serta menjaga stabilitas keamanan agar tetap kondusif, Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar lakukan giat Sambang guna berikan Imbauan Kamtibmas.

Kegiatan Sambang dan Imbauan Kamtibmas ini dipimpin langsung Kasat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar Iptu J. SAMPONU, didampingi KBO Sat Binmas Ipda DWI SANDI KURNIAWAN bersama Personel Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar.

Nampak terlihat, kegiatan ini dilaksanakan secara keliling sambil menyampaikan Imbauan Kamtibmas dengan menyambangi Pemerintah Desa, para Tokoh Adat serta Tokoh Pemuda di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (16/04/24).

Pada kesempatan itu, Kasat Binmas mengajak serta menghimbau Pemerintah Desa dalam hal ini Kepala Desa bersama Staf dan BPD untuk dapat bersama-sama mengidentifikasi, mengantisipasi dan mencegah terjadinya konflik sosial di tengah Masyarakat dengan cara melakukan koordinasi dengan para Tokoh yang berada di Desa, Babinsa serta Bhabinkamtibmas untuk dapat mengambil langkah Persuasif dalam menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi.

“Hal ini tentunya dilakukan agar dampak dari persoalan yang tadinya kecil tidak menjadi luas, sehingga dapat cepat diselesaikan dengan baik” ujar Kasat.

Lebih lanjut Kasat Binmas mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dari dilaksanakannya giat Sambang ini adalah dalam rangka untuk menindaklanjuti terkait persoalan yang terjadi di Desa Alusi Kelaan dan Desa Alusi Batjas yang dipicu oleh persolan Muda-Mudi dari kedua Desa yang berimbas pada perkelehaian antar Desa.

Iptu J. SAMPONU meminta kepada Pemerintah Desa untuk dapat menyampaikan Imbauan Kamtibmas kepada para Orang tua dan Anak-Anak lewat kegiatan pertemuan atau rapat Desa bahwa apabila didapati Anak melakukan pelanggaran dan telah didatakan, maka proses pembuatan SKCK tidak dilayani. Jelang pemilihan Kepala Daerah, Ia pun mengajak seluruh Elemen Masyarakat untuk dapat secara bersama-sama menjaga situasi dan kondisifitas Kamtibmas di Desa.

“Silahturahmi, Sinergitas dan kerja sama yang sudah kita bangun antara Polri bersama Pemerintah Desa maupun Masyarakat ini kiranya tetap selalu kita jaga, karena Kamtibmas merupakan tanggung jawab kita bersama. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan Kegiatan Sitkamling” jelas Kasat.

Menutup kunjungannya, Kasat Binmas mengungkapkan agar Para Pemerintah Desa bersama para Tokoh selalu aktif melakukan kegiatan-kegiatan sosial positif di tengah Masyarakat, hal ini tentunya merupakan salah satu upaya untuk dapat mengantisipasi serta mencegah sejak dini terjadinya konflik sosial yang bisa saja meluas.

“Kerja sama yang telah dibangun tetap kita jaga serta komunikasi dan koordinasi menjadi sangat penting dalam mengantisipasi setiap persoalan yang terjadi, sehingga dalam kebersamaaan dan Kekeluargaan kita dapat secara cepat dan tepat ada dalam penyelesaiannya” tutupnya.

Kegiatan pun berlangsung dengan aman, lancar dan kondusif dengan mendapat respon positif dari Pemerintah Desa, BPD hingga Tokoh Adat maupun Tokoh Pemuda di Desa Sifnana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.