Beranda Berita Polres Polres Tanimbar gelar Upacara Harkitnas ke-114 tahun 2022

Polres Tanimbar gelar Upacara Harkitnas ke-114 tahun 2022

56
0
BAGIKAN

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Polres Kepulauan Tanimbar, Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022 digelar dilapangan Apel Mapolres Tanimbar yang dipimpin langsung Kapolres AKBP Umar Wijaya, S.I.K., selaku Inspektur Upacara. Jumat (20/05/2022). pukul 07.30 wit.

.

Upacara yang dilakukan dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional atau biasanya dikenal dengan Harkitnas yang lahir pada tanggal 20 Mei 1908 silam dalam rangka menumbuh kembangkan rasa Nasionalisme dalam meraih Kemerdekaan yang ditandai dengan berdirinya Organisasi Budi Utomo yang didirikan oleh Dr. Soetomo bersama Mahasiswa STOVIA.

Pada tahun 2022 ini, peringatan hari Kebangkitan Nasional ke-114 memiliki tema “Ayo Bangkit Bersama!”. Tema ini diangkat dalam rangka seruan kebangkitan bersama bangsa Indonesia setelah berjuang menghadapi Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama dua tahun lebih.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kapolres Tanimbar pada kesempatan amanatnya, yang membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional ke-114 tanggal 20 Mei 2022.

“Saudara – saudari sebangsa dan setanah air tahun ini kita memperingati hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 dengan tema “Ayo Bangkit Bersama!”, yang merupakan bentuk seruan agar kita bisa bangkit dari Pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir”. Katanya.

“Peringatan hari kebangkitan nasional ini hendaklah tidak kita maknai sebagai Ceremonial saja, guna memahami esensi sejarah kebangkitan nasional maka, sejenak kita telaah sisi historis dibalik kebangkitan Nasional dimana pada tanggal 20 Mei 1948 Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Budi Utomo sebagai hari lahirnya Nasionalisme Indonesia. Dimasa itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi ditengah Indonesia yang mempertahankan Kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga semangat Persatuan yang digagas oleh Budi Utomo diharapkan menjadi Spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa. Budi Utomo adalah Organisasi pertama di Indonesia yang bersifat Nasional dan Modern dalam Sejarah pergerakan Kemerdekaan”. Sambungnya.

Selain itu arahan Menteri Komunikasi dan Informatika melalui amanatnya yang dibacakan Kapolres Tanimbar juga menyampaikan tentang tujuan dan cita-cita dari Organisasi Budi Utomo yang didirikan dalam kongres pertamanya.
“Tujuan didirikannya Budi Utomo dalam Kongres pertamanya adalah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan dibidang Pendidikan, Pengajaran, Kebudayaan. Kemudian Budi Utomo telah meletakan tiga cita-cita bagi kebangkitan Nasional yakni, Kemerdekaan, kemanusian memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan bangsa yang terhormat dimata dunia”. Tutur Kapolres.

Pejabat Upacara dalam kegiatan ini yakni Perwira Upacara yang dijabat oleh Kabag Ops AKP J. Samangun, Komandan Upacara yang dijabat oleh Ipda Ruben Lamerkabel, Amd., dengan susunan Pasukan terdiri dari 1 regu perwira menengah (Pamen), 1 regu Perwira pertama (Pama), 1 SST gabungan Sat Samapta dan Sat Polairud, 1 SST Sat Lantas, 1 SST gabungan Staf dan 1 SST gabungan Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Sat Resnarkoba.

Kegiatan berlangsung hikmah, aman dan lancar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.