Beranda Berita Polres Polres MTB Menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Siwalima 2018

Polres MTB Menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Siwalima 2018

487
0
BAGIKAN

Tribratanews.polrestanimbar.com – Hari ini Kamis pagi (1/3/2018) bertempat di halamanĀ  Mapolres Maluku Tenggara Barat telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Siwalima 2018 yang kali ini mengambil tema “Mewujudkan Polri Yang Promoter Guna Terciptanya Kamseltibcarlantas”.

Bertindak selaku Pimpinan Apel Waka Polres Maluku Tenggara Barat Kompol Sebastian Melsasail, Komandan Apel Kbo Sat Lantas Ipda Jhon Samponu dan selaku perwira Apel Kasat Lantas AKP John D.Baumasse.

Giat ini dihadiri oleh para Pejabat Utama Polres Maluku Tenggara Barat, serta diikuti perserta upacara yang terdiri dari Personel Jajaran Polres Maluku Tenggara Barat.

Apel Gelar Pasukan ditandai dengan pemasangan pita tanda Operasi oleh Pimpinan Apel kepada perwakilan dari Sat Lantas dan Sipropam Polres Maluku Tenggara Barat. Dalam sambutannya pimpinan Apel Waka Polres membacakan amanat dari Ka Korp Lantas Mabes Polri Irjen Pol Drs Royke Lumowa MM.

Dalam amanatnya Royke mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil dan sarana pendukung lainnya, sehingga tujuan Operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil dengan sasaran yang telah ditetapkan. Dengan adanya kelancaran dan keselamatan dalam berlalu lintas maka secara otomatis urat nadi perekonomian bangsa dapat berjalan dengan lebih baik.

Korp Lantas bersama stakeholder lainnya bertanggung jawab penuh untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU no 22 tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan angkutan Jalan. Karena dasar itulah dipandang perlu melaksanakan Operasi Kepolisian di bidang Lalu Lintas untuk mewujudkan masyarakat yang tertib dan berevolusi dari sisi mental masyarakatnya ke arah yang lebih baik.

Royke dalam amanatnya juga mengemukakan bahwa data tilang tahun 2016 dan 2017 menunjukkan trend kenaikan sebesar 15,47%. Data Teguran juga mengalami kenaikan 31%. Namun untuk data kecelakaan dan korban meninggal dunia mengalami penurunan sekitar 6-7 persen dalam menangani permasalahan tersebut, Royke mengharapkan agar personil Lantas mampu berkontribusi untuk menekan laju angka kecelakaan agar tercipta dan terpeliharanya Kamseltibcarlantas, sebagaimana amanat UU no 22/2019 yang mengatakan agar terciptanya Kamseltibcarlantas, peningkatan keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, mampu membangun budaya tertib berlalu lintas dan adanya peningkatan kualitas pelayanan terhadap publik.

Keempat point itu tentu tidak bisa ditangani sendiri oleh personil Lantas saja melainkan sinergitas antar stakeholder yang ada. Royke juga mengatakan bahwa setiap personil Lantas memiliki fungsi Edukasi, Engineering, enforcement, Identifikasi, Pusat K3I, Koordinator semua Stake Holder, memberikan rekom dampak Lantas dan Korwas PPNS. Untuk menindak lanjuti hal ini maka personil Lantas diharapkan mampu untuk menjabarkan dalam program Promoter sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Kapolri.

Sebelum mengakhiri amanatnya Royke menyampaikan empat point penekanannya kepada seluruh personil Lantas dalam melaksanakan Operasi Keselamatan ini yakni, agar selalu bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, mampu menjaga keselamatan diri sendiri dalam bertugas, meningkatkan disiplin diri agar terwujudnya personil Lantas yang bebas KKN yang pada akhirnya akan melahirkan masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas. Selama Giat Berlangsung berjalan dalam keadaan Aman, Tertib dan Lancar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.