Beranda Berita Polres Polres MTB Melaksanakan Upacara Hut Ke – 73 RI Tahun 2018

Polres MTB Melaksanakan Upacara Hut Ke – 73 RI Tahun 2018

362
0
BAGIKAN

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polres Maluku Tenggara Barat melaksanakan upacara peringatan HUT ke-73 RI di halaman Mapolres Maluku Tenggara Barat,Jumat (17/08/2018).

Hadir dalam pelaksanaan upacara HUT ke – 73 RI, para pejabat utama Polres Maluku Tenggara Barat,para perwira dan Brigadir Polres,Polsek Saumlaki pada jajaran Polres Maluku Tenggara Barat.

“Ya kali ini Polres merayakan ulang tahun RI di Mapolres Maluku Tenggara Barat dengan tujuan agar semua anggota di jajaran ikut merayakan,”ujar Kapolres AKBP Raymundus Andhi Hedianto,S.I.K.

Bertindak sebagai Irup adalah Kapolres Maluku Tenggara Barat AKBP Raymundus Andhi Hedianto,S.I.K., dan sebagai perwira upacara Kasat Intelkam Iptu S.Atajalaim.

Dalam peringatan proklamasi, Inspektur Upacara membacakan amanat Kapolri di mana peringatan Hari Kemerdekaan untuk dijadikan sebagai ajang perenungan.

Dalam sambutannya,Kapolri mengatakan, ” Secara filosofis, kemerdekaan merupakan jembatan untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa. Sebagai
anugerah Tuhan YME, kemerdekaan Indonesia berhasil diraih melalui semangat persatuan dan kesatuan, serta perjuangan tiada henti dari para pahlawan. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita memberikan dedikasi dan pengabdian melalui langkah-langkah nyata untuk membangun Bangsa Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur.

Realitas ini mendorong Polri untuk senantiasa
meningkatkan profesionalismenya dalam menghadapi dinamika tantangan tugas yang semakin tinggi. Terlebih lagi dengan perkembangan globalisasi pada era demokrasi saat ini.Polri semakin dituntut untuk terus meningkatkan eksistensinya untuk meraih kepercayaan masyarakat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi negara.

Komitmen kuat telah ditunjukkan oleh institusi Polri melalui berbagai upaya perbaikan yang dilaksanakan dalam wujud Program Promoter. Upaya ini menitikberatkan pada 3 (tiga)
kebijakan utama, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media. Ketiganya harus dilaksanakan secara
sinergis dan berkelanjutan, agar kepercayaan publik sebagai target utama dapat diraih dan terus ditingkatkan.

Sementata itu Capaian dari penerapan program ini telah menunjukkan dampak positif. Beberapa hasil survei lembaga penelitian yang
kredibel menunjukkan tingkat public trust terhadap institusi Polri kian meningkat. Pada awal tahun 2016, Polri merupakan salah
satu dari 3 lembaga negara dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang paling rendah, kini Polri telah menjadi salah satu dari 3 lembaga negara dengan tingkat kepercayaan publik yang tertinggi.

Salah satu indikator keberhasilan tersebut, dapat dilihat dari survei Litbang Kompas pada bulan Juni 2018 yang menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap Polri
telah mencapai 82,9%. Angka ini merupakan capaian tertinggi Polri selama era reformasi. Indikator lainnya dapat dilihat melalui survei The Gallup Organization, sebuah lembaga survei papan atas yang berbasis di Amerika Serikat, melalui 2018 Global Law and Order Survey mengungkap bahwa Indonesia berada pada peringkat ke-9 negara teraman di dunia. Survei ini juga mengungkap bahwa 69% dari 148.000 responden pada 142 negara percaya terhadap kinerja kepolisian lokal dalam menjaga keamanan dalam negeri.

Polri juga harus mendukung ‎agenda Pemerintah dalam melancarkan dan mengamankan program Pembangunan Nasional, termasuk agenda nasional kedepan yang akan dihadapi.

Sebelum mengakhiri amanat, kapolri menekankan beberapa hal kepada seluruh personil Polri untuk dilaksanakan antara lain :

1. Implementasikan nilai-nilai luhur kejuangan yang telah diwarisi para pahlawan, dengan senantiasa memberikan pengabdian terbaik sebagai insan Bhayangkara sejati.

2. Jaga soliditas internal, tingkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan bangun semangat berprestasi untuk mewujudkan Polri yang semakin dicintai rakyat.

3. Tingkatkan terus soliditas dan kerja sama sinergis dengan TNI, pemerintah daerah, dan seluruh stakeholders lainnya dalam mengawal dan mengamankan berbagai agenda
Kamtibmas ke depan.

4. Bangun terus komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat dalam memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif.

5. Dukung secara aktif agenda pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional melalui tindakan kepolisian yang sejalan dan produktif.

Adapun pelaksanaan upacara HUT ke – 73 RI tahun 2018 pada Polres Maluku Tenggara Barat berlangsung aman dan lancar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.