Beranda Berita Polres Kunjungi KPUD, Kapolres Tanimbar bahas kesiapan Pemilu 2024

Kunjungi KPUD, Kapolres Tanimbar bahas kesiapan Pemilu 2024

82
0
BAGIKAN

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Polres Kepulauan Tanimbar, tindak lanjut arahan Kapolda Maluku, Kapolres AKBP Umar Wijaya, S.I.K., Silaturahmi bersama Jajaran Komisioner KPUD Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Senin (2706).

Terhadap kunjungan ini, Kapolres Tanimbar menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan KPUD dalam menghadapi Pelaksanaan Pemilu serentak di tahun 2024 diantaranya, Pimpinan Polres ini menginginkan agar adanya kesamaan Persepsi dan Pemahaman oleh KPUD tentang mekanisme Pemilu dilokasi Pemilihan nantinya.

“Pada saat pelaksanaan Pemilu nanti yang dilokasi Pemilihan jangan sampai ada beda Pemahaman, beda Persepsi terkait dengan Mekanisme atau tata cara Pelaksanaan Pemilu.” Ungkapnya.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan agar KPUD juga memperhatikan Pemenuhan kuantitas surat suara terhadap jumlah Pemilih, keamanan lokasi Penyimpanan Logistik hingga Pendistribusian dan peranan Gakumdu dalam tugasnya untuk menindaklanjuti Pelanggaran dalam proses Pemilu berdasarkan Regulasi yang ada serta perbandingan kuantitas personil Polres Tanimbar terhadap Pengamanan TPS.

“Untuk personil Polres mencapai 56% tentunya kita akan melihat jumlah TPS yang ada serta masih mengacu ke PKPU yang sebelumnya yakni 300 TPS sampai dengan 500 TPS”. Tuturnya.

Terhadap hal yang disampaikan Kapolres, Ketua KPUD Petrus Regen Lartutul, S. Sos., menyambut baik apa yang diutarakan dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kapolres Tanimbar di kantor KPUD.

Dikesempatan yang sama, menanggapi apa yang disampaikan oleh Kapolres, Lartutul juga menyampaikan, pihaknya sementara mempersiapkan data terkait Pemilu Legislatif dan akan terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian.

“Kami sementara mempersiapkan data – data terkait dengan Pentahapan Pemilu Legislatif dan akan tetap berkoordinasi dengan pihak Kepolisian”. Ungkap dia.

sekain itu, dirinya juga menyampaikan tentang mekanisme Pemilihan anggota KPPS sehingga dapat membantu KPUD dalam proses Pemilu nantinya.

Sementara itu, ditambahkan pula oleh Divisi data Perencanaan dan Informasi Christian Matrutty, S.Sos., tentang pelaksanaan kegiatan Pemilih berkelanjutan untuk tetap mempersiapkan data dalam Pemilu Legislatif dan Pemilu tahun 2024.

Christian juga menyampaikan, tentang bantuan dukungan data dari Polres Tanimbar tentang personil Purna Bhakti, data Istri dan anak yang akan dimasukan dalam data KPUD.

Dikesempatan yang sama, Divisi teknis Penyelenggaraan Yonas Batyol, S.Fil., juga menyampaikan tentang, proses verifikasi Parpol yang masih dilakukan ditingkat pusat, Penataan Dapil di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, masa kampanye terkait pemasangan Baliho, Pamflet oleh Parpol dan potensi Permasalahan di lapangan terkait Pungut hitung suara.

Terhadap kegiatan kunjungan yang dilakukan, Pejabat Polres Tanimbar yang turut hadir mendampingi Kapolres dalam kegiatan ini diantaranya, Kabagops AKP J. Samangun, Kasat Intelkam Iptu E. S. Letelay, S.Sos., sedangkan pihak KPUD yang hadir diantaranya, Ketua KPUD Petrus Regen Lartutul, S.Sos. Divisi Data Perencanaan dan Informasi Christian Matrutty, S.Sos., Divisi Teknis Penyelenggaraan Yonas Batyol, S.Fil., Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPUD Ibu Flerentina, SE., dan Sekretaris KPUD Fransisco P. Bwuariat, SE,M, Ec,Dev bersama Staf.

Kegiatan berlangsung aman dan lancar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.