Beranda Berita Polres Kasat Binmas Polres Tanimbar berikan Materi di Lapas Kelas II Saumlaki kepada...

Kasat Binmas Polres Tanimbar berikan Materi di Lapas Kelas II Saumlaki kepada Narapidana bebas Bersyarat

6
0
BAGIKAN

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Polres Kepulauan Tanimbar, Kasat Binmas Iptu J. Oraplean bawakan Materi pada kegiatan Pembinaan Kepribadian bagi Klien Pemasyarakatan Balai Pemasyarakatan kelas II Saumlaki kepada para Narapidana yang dinyatakan bebas bersyarat. Kamis (04/08).

Kegiatan yang turut dihadiri oleh pimpinan struktural di lingkup Lapas kelas II Saumlaki ini, dilakukan dengan susunan acara, pembukaan oleh mc, ucapan salam dan doa, selanjutnya pemberian materi oleh Kasat Binmas Polres Tanimbar. Kamis (04/08).

Terhadap kegiatan ini, pokok Materi yang disampaikan oleh Kasat Binmas meliputi, Pancasila sebagai ideologi Negara serta sumber dari segala sumber hukum yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 27 sampai dengan pasal 34 tentang Hak dan Kewajiban sebagai warga Negara Republik Indonesia, tugas pokok Kepolisian Negara RI seperti yang diuraikan dalam pasal 13 undang-undang (UU) nomor 2 tahun 2002 yakni, Polri sebagai Pemelihara kamtibmas (Harkamtibmas), Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat serta Penegak Hukum.

Selain itu, pokok materi yang juga disampaikan oleh Kasat Binmas kepada para narapidana (Napi) di Lapas Kelas II Saumlaki ini tentang, cara mengatasi dan menghadapi tanggapan serta stigma masyarakat terhadap seorang Mantan Narapidana, beserta faktor (internal dan eksternal) pendukung dalam mengatasi image negatif terhadap seorang mantan narapidana.

“Dengan adanya kegiatan ini harapan kami Polri, berkaitan dengan pemeliharaan kemanan dan ketertiban masyatakat maupun penegakan hukum yang meliputi, kerjasama dengan Bhabinkamtibmas, mantan narapidana diharapkan dapat menjadi Agen dan Pelaku dalam menciptakan keamanan dan ketertiban dilingkungan tempat tinggal bahkan di tingkat desa tempat ia berdomisili”. Ungkap kasat kepada media ini.

Kegiatan berjalan dengan tertib, aman dan lancar, dilanjutkan dengan sesi foto bersama.