Beranda Berita Polres Giat Ops Patuh Satgas Preventif Polres Kep. Tanimbar hari pertama

Giat Ops Patuh Satgas Preventif Polres Kep. Tanimbar hari pertama

8
0
BAGIKAN

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Polres Kepulauan Tanimbar, Senin tanggal 20 September 2021, pukul 09.00 wit, satgas Preventif operasi kepolisian dengan sandi “Patuh Siwalima tahun 2021” melaksanakan kegiatan Pengaturan arus lalu lintas, imbauan, edukasi dan teguran secara humanis kepada masyarakat.
Usai melaksanakan apel kesiapan operasi, personil yang terlibat dalam kegiatan dalam hal ini Satgas Preventif yang terdiri dari personil Sat Lantas Polres Kepulauan Tanimbar langsung turun ke lapangan dan melaksanakan kegiatan di bidang lalu lintas kepada masyarakat berupa Pengaturan arus lalu lintas, memberikan imbauan dan edukasi tentang lalu lintas kepada masyarakat sekaligus menegur para Pelanggar secara humanis bila ditemukan langsung melakukan Pelanggaran secara kasat mata berupa tidak menggunakan helm standar SNI dan melawan arus satu arah.
Cara bertindak dalam kegiatan yang dilaksanakan, lebih ditekankan kepada tindakan yang bersifat Preventif serta tidak dilakukan Penegakan hukum dalam bentuk Tilang kepada para Pelanggar yang ditemukan di lapangan.
Kasat Lantas Iptu D. Fenanlampir yang sempat ditemui media ini, menyampaikan bahwa operasi kepolisian yang dilaksanakan dibidang lalu lintas ini lebih dititik beratkan kepada tindakan Pencegahan yang bersifat Imbauan dan teguran sehingga tidak dilakukan Penegakan hukum kepada para Pelanggar.
“Kita dalam melaksanakan kegiatan operasi ini tidak melaksanakan Penegakan hukum namun melaksanakan kegiatan yang bersifat Preventif dalam bentuk Imbauan, edukasi bidang lalu lintas dan teguran kepada masyarakat bila ditemukan di lapangan, untuk meningkatkan kesadaran dan Simpati masyarakat tehadap kegiatan operasi lalu lintas ini di masa Pandemi”. Ujar Kasat.
Dari hasil kegiatan Operasi hari pertama yang dilaksanakan di 2 titik di kota Saumlaki yaitu di Pos Natar Kaumpu desa Olilit barat dan jalan Mathilda Batlayeri Saumlaki ini diperoleh hasil yaitu Pemberian Teguran sebanyak 10 kali kepada Pelanggar yang ditemukan di lapangan.
Personil yang melaksankan operasi juga melaksanakan imbauan dan edukasi kepada masyarakat tentang Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 dalam lingkungan tempat tinggal.
Kegiatan berlangsung aman dan lancar.